-->

iklan

Hambatan dan kendala komunikasi efektif

Caraku.com kendala terbesar di dalam proses komunikasi antara pengirim dan penerima berita, pesan atau informasi adalah hambatan atau kendala komunikasi yang efektif,. Banyak sekali hambatan yang di jumpai di dalam proses komunikasi, ada yang ringan, menengah sampai yang berat. Hambatan UTAMANYA di dalam proses komunikasi yang efektif adalah berkaitan dengan persepsi antara pengirim dan penerima berita, pesan atau informasi, berikut macam macam hambatan dan kendala komunikasi efektif...

1 persepsi yang berbeda. Sumber utama yang paling umum bagi hambatan atau kendala komunikasi adalah VARIASI INDIVIDU. setiap orang mempunyai latar belakang pendidikan yang berbeda serta pengalaman yang berbeda pula yang setinggi akan menerima fenomena dari sudut perspektif yang berbeda pula. Oleh karna itu, respons setiap orang terhadap fenomena yang sama akan berbeda-beda. Persepsi ini di sebabkan oleh perbedaan latar belakang pendidikan, latar belakang pengalaman , latar belakang ekonomi , latar belakang sosial budaya , latar belakang politik , dan lain sebagainya.

2. Perbedaan bahasa. Perbedaan bahasa seringkali menjadi faktor penyebab timbulnya perbedaan persepsi , misalnya menager keuangan akan menafsirkan jangka pendek dalam arti 6 bulan sedangkan menager pemasaran menafsirkan jangka pendek dalam arti 6 sampai 12 hari. Oleh karena itu, jika kita menerima tentang suatu konsep maka alangka baiknya jika kita mendefinisikan dahulu batasan yang di maksud sehingga nantinya kita mempunya persepsi yang sama.

3. Kegaduhan atau keriuhan. Susana yang gaduh akan mempengaruhi kinerja pengirim dan penerima berita, pesan atau informasi . keadaan ini bisa menimbulkan salah pengertian dari kedua belah pihak.

4. Perbedaan emosi. Setiap orang memiliki perbedaan emosi . emosi yang melekat pada seseorang dapat bersalah dari pembawaan lahir atau bisa juga dalam bentuk lingkungan   reaksi emosional ini meliput marahs , takut , senang , benci , susah , prihatin, dan lain sebagainya. Emosional dapat mempengaruhi sikap seseorang dalam proses komunikasi. Oleh karena itu sebaiknya kamu mengetahui kareakteristik orang yang hendak ajak komunikasi agar dapat memilih teknik atau cara paling tepat di dalam proses komunikasi.



0 Response to "Hambatan dan kendala komunikasi efektif"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel