-->

iklan

Pengertian Dasar berkomunikasi

Caraku.com .Tidak dapat diingkari bahwa sesungguhnya sebagian besar aktifitas manusia sehari-hari melibatkan KOMUNIKASI. Sehingga ada yang mengumpamakan bahwa komunikasi itu serupa dengan bernafas, kita tidak pernah memikirkan cara melakukannya. Kita begitu terbiasa dengan tingkah laku komunikasi kita, sehingga proses tersebut terasa alamiah bahkan mudah dan sederhana.

Tidaklah dapat di bayangkan bahwa masyarakat manusia betapapun kecilnya dapat bertahan apalagi berkembang tanpa komunikasi. Komunikasi merupakan PROSES SOSIAL yang fundamental dalam masyarakat. Melalui proses komunikasi ini pulalah proses personal berlanjut untuk saling berbagi rasa dan arti.

Istilah komunikasi mempunyai banyak arti.
Bagi orang awam, mungkin akan di artikan sebagai alat atau media pengirim informasi ; seperti misalnya telepon, telegram, atau televisi.

Namun ada tiga unsur utama dari definisi komunikasi yang beraneka ragam itu, yaitu

> Komunikasi harus di pandang sebagai suatu proses ini mengandung arti bahwa komunikasi merupakan suatu aliran yang melalui serangkaian tahapan/langkah dan bukan suatu peristiwa yang tersendiri.

> Pengiriman informasi, arti dan pengertian
Unsur kedua dari definisi komunikasi adalah pengiriman informasi,arti dan pengertian. Informasi tidak dikirimkan begitu saja, tetapi harus di terima dan dimengerti. Apabila informasi dikirimkan dan diterima tetapi tidak di mengerti, maka komunikasi dalam arti yang sebenarnya tidaklah tercapai, dan terjadilah hal yang disebut MISCOMMUNICATION.

> Banyak pembahasan mengenai proses komunikasi membatasi hanya pada interaksi antar manusia saja yang berperan sebagai pihak pengirim dan penerima informasi. Padahal dengan perkembangan di bidang teknologi dewasa ini, dimungkinan suatu mesin elektronik (Misalnya:komputer) menjadi pengirim dan penerima informasi.


Semoga bermanfaat , baca juga artikel tentang 6 tahap proses komunikasi

1 Response to "Pengertian Dasar berkomunikasi"

  1. Bagus gan artikelnya di tunggu balik kunjunganya www.muji88.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel